Friday, November 8, 2013

Kontroversi Aktor Gesekan Penisnya Ke Patung Yesus

Sebuah kontroversi muncul ketika seorang aktor berakting menggosokan PENIS nya pada sebuah patung Yesus di sebuah gereja, tak ayal aksi ini mendapat banyak protes dari kaum agamawan di negara tempat film dibuat, yaitu Polandia.

Aktor Polandia gesekkan penisnya ke patung Yesus

Seperti di kutip dari surat kabar the Daily Mail, adegan disebut pelecehan pada Yesus itu juga memperlihatkan lelaki itu menjilati seluruh bagian patung. Pastor Tadeus Rydzyk mengatakan dia telah mengadukan aktor, galeri tempat film itu dipuyar, serta kementerian menjadi sponsor ke pengadilan.

“Aktor murahan itu telah menghina Tuhan kami. Kami juga menyerukan menteri kebudayaan agar tidak buang-buang pada hal menjijikkan ini,” ujarnya.

Film karya seniman Polandia bernama Jacek Markiewicz mendapat penghargaan di pelbagai festival film internasional dan terpilih menjadi satu terbaik diizinkan untuk dipamerkan.

Markiewicz membantah jika karyanya dipakai menghina Yesus. “Saya masuk ke gereja di Ibu Kota Warsawa dan disana orang-orang beribadah dan berdoa ke patung seolah-olah benda itu Tuhan. Saya terkejut,” ujarnya.

Dia juga mengatakan semua orang membelai dan menyentuh tubuh Yesus hanya terbalut kain. “Sangat janggal jika ini cara menyembah Tuhan. Saya membuat film ini supaya mengingatkan. Alangkah sangat menghina Yesus jika mereka menyembah Dia dengan cara demkian,” Markiewicz menjelaskan.

Namun pemuka agama dan politisi tidak mendengarkan bantahan Markiewicz. Mereka sepakat ini bentuk penodaan.

Sementara pihak museum direktorat mengatakan mereka tidak ikut campur dan berkomentar pada apa yang dipamerkan. Mereka hanya bilang dua dekade terakhir seni telah menjadi subyek esai, analisis kritis, dan diskusi yang mencerahkan.

Sumber

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...