Sunday, May 4, 2014

10 Fakta Unik Tentang Kentut

Mendengar kata kentut pasti semua orang berfikir bahwa kentut itu suatu hal lucu tetapi kadang juga menyebalkan dan bikin malu. Bahkan, ketika sedang asik asiknya berkumpul dengan teman – teman , kentut keluar secara tiba – tiba. Bila kentut tersebut tidak bersuara pasti akan membuat geger karena baunya yang busuk .

Kentut ternyata mempunyai banyak fakta yang sangat unik, berikut adalah ulasannya :

1. Kentut Berbau Busuk

Bahkan sudah tidak heran lagi, bila aroma kentut ini bisa menjadi hal yang sudah membuat orang peka terhadap baunya. Bau busuk kentut ini berasal dari makanan yang kita konsumsi dan mengandung zat sulfur. Makanan yang banyak mengandung sulfur ini biasanya terdapat pada sulfur kacang-kacangan, kubis, keju, soda, dan telur. Bila kamu tak ingin kentut kamu berbau busuk, usahakan hindari makanan tersebut.

2. Rata-rata orang kentut 14 kali per hari

Pernahkah kamu menghitung seberapa banyak kamu kentut dalam sehari ? ini hal yang bisa dibilnag konyol dan tidak pernah kita sadari. Sebuah penelitian membuktikan bahwa rata – rata orang kentut 14 kali per hari. Bahkan diketahui jika seseorang kentut secara rutin selama 6 tahun dan 9 bulan, mereka akan dapat menghasilkan gas dengan energi setara dengan bom atom. Menariknya lagi, perempuan lebih banyak mengeluarkan kentut dari pada laki – laki. Karena di dalam tubuh perempuan memiliki banyak gas yang pekat terhadap kentut.

3. Boleh menahan kentut

Bila kita menahan kencing atau menahan BAB akan menyebabkan masalah pada kesehatan yang serius. Namun, untuk menahan kentut ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan. Karena kentut itu sendiri merupakan zat alami dari pencernaan yang berupa gas mungkin kamu akan mengalami kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

4. Komponen kentut

Kentut yang hanya berupa gas ini juga memiliki banyak komponen. Faktanya gas kentut ini berasal dari komponen oleh reaksi kimia, atau bakteri dalam usus kita. Kentut terdiri dari sekitar 59 persen nitrogen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen. Dan diketahui hanya sekitar satu persen dari kentut mengandung gas hidrogen sulfida dan merkaptan, yang mengandung sulfur.

5. Rata-rata kecepatan kentut 10 kaki per detik

Terkadang bau kentut itu akan tercium busknya ketika 10 – 15 detik setelah gas kentut itu menyebar. Namun, saat keluar kentut ini memiliki kecepatan sekitar 10 kaku perdetiknya.

6. Orang tidur dapat kentut

Pernahkah kamu mendengar salah satu teman tidur kamu mengeluarkan gas kentut saat tidur. Faktanya memang kentut ini dapat terjadi disetiap oarng yang sedang tidur. Hal seperti ini biasa terjadi ketika orang tersebut sering menahan kentut saat beraktivitas sehingga gas kentut tersebut akan keluar sendirinya saat orang tersebut sedang tidur.

7. Kentut dapat terjadi setelah kematian

Tahukah kamu bahwa kentut juga dapat terjadi setelah kematian. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengalami kematian sistem pencernaannya masih aktif untuk mengeluarkan gas dan terjadi ketika tiga jam setelah tubuh mati.

8. Kentut mudah terbakar

Fakta menarik lainnya yang mungkin ini membuat kamu heran bahwa sesungguhnya kentut itu salah satu gas yang mudah terbakar. Hal ini terjadi karena kentut mengandung zat metana dan hidrogen.

9. Kentut kagian dari budaya

Pada dasarnya kentut ini merupakan kagian dari budaya. Ada beberapa peraturan seseorang harus bersangkutan dengan kentut. Hal ini terjadi dari sebuah suku Indian di Amerika Selatan kentut (Yanomami) dijadikan sebagai ucapan. Bahkan di Roma kuno, Kaisar Claudius, membuat undang-undang yang mengatur kentut. Undang-undang itu membolehkan kentut di perjamuan.

10. Rayap adalah hewan yang kentut paling banyak

Tak hanya manusia saja yang bisa kentut. Hewan juga dapat merasakan hal yang sama. Bahkan salah satu hewan yang paling banyak mengeluarkan gas kentut ini terjadi pada hewan rayap . Sebab, rayap memiliki banyak zat metana di dalm tubuhnya dan diperkirakan mencapai antara 2 dan 22 Tg per tahun.

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...