Wednesday, September 14, 2011

Penyakit Aneh, Rasa Terbakar Tiap Makan

Penyakit aneh diderita oleh seorang gadis umur 5 tahun, Ella Campbell. Ella berteriak kesakitan setiap kali makan, tubuhnya seperti terbakar. Bahkan, tak jarang pingsan. Demi bertahan hidup, gadis asal Aylesbury, Buckinghamshire, Inggris, itu terpaksa mengasup makanan cair berformula khusus melalui selang yang menembus perut mungilnya.

Ella menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit. Selama lebih dua tahun, penyakitnya menjadi misteri hingga akhirnya tim dokter Great Ormond Street Hospital berhasil mendiagnosisnya mengalami Eosinofilik.

Eosinofilik merupakan penyakit langka di mana eosinofil, sejenis sel darah putih, ditemukan di atas jumlah normal di berbagai bagian organ tubuh. Kondisi ini akan memicu peradangan dan kerusakan jaringan yang akan menimbulkan rasa sakit pada tubuh.

Penyakit aneh yang diderita Ella membuat belasan dokter tak bisa menemukan penyakit yang sebenarnya. Pada saat tersebut Ella bisa pingsan 8-10 kali sehari setiap kali makan sehingga sampai usia dua tahun tubuhnya sangat lemah, kurus, dan kerap dehidrasi karena tak bisa makan.

Setelah misteri penyakit Ella terjawab, untuk menjaga kesehannya Ella secara rutin diberi makanan cair dengan cara menyuntikkan lewat perut, selain itu dia juga diberi kue dan biskuit khusus yang tak mengandung gandum, gluten, susu, telur dan kedelai.

Satu-satunya makanan yang bisa dikonsumsi tanpa menimbulkan rasa sakit adalah daging panggang. Ella sangat menikmati sajian ayam panggang berpadu sayuran dan kentang rebus tanpa bumbu untuk makan malam.

vivanews

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...