Saturday, July 21, 2012

Inilah Pakaian Dalam Yang Berusia 500 Tahun

Sejak kapan wanita mengenal pakaian dalam? Banyak literatur menyebutkan wanita lebih lambat mengenal pakaian dalam ketimbang pria, sekitar 200 tahun lalu.

Namun, temuan di Austria bisa jadi memberi pandangan lain. Ditemukan dalam lemari besi istana, potongan-potongan kain berenda ini ternyata adalah pakaian dalam wanita berusia 500 tahun lebih. Kain dalam lemari itu tersembunyi di bawah papan lantai dari sebuah kastil Austria abad ke-15.
Sebelumnya, dalam berbagai literatur fashiondisebut bahwa pakaian dalam wanita baru ditemukan akhir abad ke-18. Sementara diketahui bahwa laki-laki abad pertengahan mengenakan pakaian dalam serupa celana pendek zaman sekarang.

"Sejarah fashion wanita harus ditulis ulang," kata Hilary Davidson, kurator fashion di Museum of London, mengomentari temuan ini.
Menurut dia, selain di Asutria, model pakaian dalam seperti ini juga populer di kalangan atas Inggris pada masa itu. "Ini adalah temuan wawasan yang sangat menarik ke dalam cara orang berpakaian di Abad Pertengahan," katanya.

Pakaian dalam ini ditemukan di antara 3.000 pakaian dan benda lain yang ditemukan di Lengberg Castle di Tyrol Timur. Penemuan itu dilakukan secara tak sengaja ketika pihak pengelola tengah melakukan renovasi bangunan kastil.

Pakaian ini diperkirakan terkubur ketika bangunan itu direhab pada 1480. Tingkat kelembapan di dalam lemari besi membantu mengawetkan pakaian-pakaian di dalamnya.

sumber

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...