Friday, January 20, 2012

10 Fakta Unik Tentang Bersin



  1. Bersin merupakan reaksi spontan tubuh untuk membersihkan lubang hidung dari benda-benda asing dengan cara hembusan angin yang kuat dari paru-paru keluar tubuh baik melalui hidung ataupun mulut.
  2. Udara yang terhembus ketika kita mengalami bersin mempunyai kecepatan hingga 160 km per jam.
  3. Seseorang yang bersin sanggup melontarkan ratusan ribu kuman ke udara sekitarnya.
  4. Alis di sekitar mata kita ternyata memiliki hubungan dengan syaraf di sekitar hidung, akibatnya bila kita mencabuti alis maka akan memicu terjadinya bersin pula.
  5. Di saat tidur tubuh kita dalam kondisi istirahat begitupun syaraf di sekitar hidung, jadi ketika tidur hampir tidak mungkin kita akan mengalami bersin.
  6. Kalau tidur kita tidak akan bersin...
  7. Bekerja berat sehari penuh dapat memicu bersin. Mengapa demikian?? Karena setelah bekerja berat, mulut dan hidung kita dalam keadaan kering sehingga hidung akan memproduksi lendir berlebih yang bisa menyebabkan bersin pula.
  8. Meski bisa ditahan sebelum terjadi, bersin tak dapat dihentikan apabila sudah keluar.
  9. Survey membuktikan bahwa terkena sengatan sinar matahari langsung membuat satu dari tiga orang mengalami bersin. Menurut ilmuwan, hal ini dipengaruhi oleh Faktor Genetik.
  10. Sejumlah pakar meyakini bahwa stimulasi sistem parasimpatik tidak hanya membuat orang begitu menikmati hubungan seksual, namun juga bersin setelahnya.
  11. Rekor bersin terlama dimiliki oleh Donna Griffiths dari Worcesthaire, Inggris. Dia mengalami bersin selama 978 hari dengan sekali bersin tiap menitnya.

sumber

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...