Wednesday, April 16, 2014

5 Kota Kuno Yang Ditemukan Dibawah Air

air

Siapa sangka bahwa bencana alam, seperti banjir, tsunami, gempa bumi dan lain-lain dapat membuat kota-kota yang ada di ribuan tahun lalu menjadi tenggelam.

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti yang telah berhasil menemukan kota-kota bersejarah di dalam air. Kota yang runtuh dan tenggelam oleh air tersebut ditemukan dengan keadaan yang masih utuh. Beberapa patung dan juga benda lainnya masih dalam keadaan utuh yang telah di temukan berdiri tegak di dalam air.

Entah bagaimana bisa hal itu terjadi, tapi inilah dia yang telah di temukan oleh para peneliti yang memfokuskan penelitiannya terhadap kota yang telah hilang ribuat tahun yang lalu.

Nah, seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke lima kota kuno yang di temukan di dalam air.

1. Istana Cleopatra

istana-cleopatra-alexandria-mesir-rev1

Para penelitian terkejut dengan penemuannya terhadap istana Cleopatra yang dinyatakan telah hilang sejak lebih dari 1600 tahun yang lalu. Ternyata, 1500 tahun yang lalu, terjadi gempa bumi yang akhirnya menenggelamkan artefak, patung-patung dan bagian lain dari Istana Cleopatra. Istana Cleopatra ini ditemukan oleh peneliti di perairan Alexandria yang terletak di Mesir.

2. Thonis Heracleion

thonis-heracleion-mesir-rev1

Thonis Heracleion merupakan nama dari sebuat kota kuno yang berada di Mesir. Kota kuno tersebut dikatakan sebagai legenda yang tidak pernah ada. Namun pahlawan Herakles yang terkenal pertama kali menginjakkan kaki di Mesir pernah berkunjung di kota tersebut, sebelum kota tersebut hilang. Namun, saat ini kota kuno tersebut telah berhasil ditemukan kembali oleh para peneliti yang mengatakan bahwa kota kuno tersebut telah terendam di dalam air selama 1000 tahun yang lalu.

3. Baiae

baiae-teluk-napoli-italia-rev1

Kota kuno selanjutnya di temukan di teluk Napoli di Italia. Kota ini dikatakan telah di tinggalkan oleh penduduknya sejak 1500 SM karena serang malaria. Karena aktivitas vulkanik di kota tersebut, akhirnya kota tersebut runtuh ke dalam laut, sehingga kota ini berada di dalam air selama ribuan tahun.

4. Pavlopetri Pelopennese, Yunani

pavlopetri-peloponnese-yunani-rev1

Kota kuno yang telah berusia 5000 tahun ini ditemukan di lepas pantai Selatan Laconia di Pelopennese, Yunani. Kota ini ditemukan pada tahun 1967 oleh Nicholas Flemming. Kota ini diketahui tenggelam ke dalam air akibat gempa bumi, dan kota ini masi berbentuk seperti dulu, meskipun sebagian telah hancur terkikis oleh air sejak berabad-abad yang lalu.

5. Lion City, China

lion-city-001-destriyana

Sebuah kota kuno telah di temukan di Danau Qiandao di China. Danau Qiandao sendiri merupaka danau buatan yang sengaja di buat untuk proyek dam Sungai Xin’an pada tahun 1959. Kota tersebut diketahui telah runtuh akibat gempa bumi sejak 1.300 tahun yang lalu. Kemudian pada tahun 2001 silam, kota ini di temukan oleh para peneliti di bawah danau tersebut yang berada di kedalam 26 dan 40 meter permukaan laut. Meskipun telah tenggelam berabad-abad, tapi kota tersebut terlihat masuh utuh, dan ukiran-ukiran kota itu pun masih terlihat utuh di dalam air.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...