Tuesday, April 15, 2014

Wow …Ternyata Tidur Siang Baik Untuk Kesehatan Jantung Anda !

Tidur sejenak disela-sela kesibukan disiang hari sudah menjadi kebiasaan sebagain masyarakat di Indonesia, tetapi tuntutan pekerjaaan membuat sangat susah untuk menjalankan ritual “tidur siang” ini. Padahal menurut hasil penelitian , tidur siang ternyata memberi manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

Riset yang dilakukan di Yunani ini dilakukan pada 23.681 pria dan wanita dalam rentang usia 20 sampai 86 tahun. Para partisipan memiliki catatan kesehatan yang baik, tanpa sejarah menderita penyakit jantung dan penyakit akut lainnya.

Dalam studi selama enam tahun tersebut, partisipan dimintai keterangan tentang jam tidur siang mereka, pola makan mereka dan aktivitas fisik yang rutin mereka lakukan. Hasilnya, para peneliti menyatakan mereka yang tidur siang memiliki risiko lebih rendah menderita gangguan jantung sebanyak 34 persen dibanding mereka yang tak tidur siang.

Sementara mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit selama tiga kali atau lebih dalam setiap minggunya memiliki catatan 37 persen lebih rendah terkena gangguan jantung.

Tidur siang juga menurunkan risiko gangguan jantung pada para pekerja, di mana sekitar 64 persen mengalami penurunan risiko jantung yang berisiko pada kematian. Sementara pada pria pengangguran, tercatat hanya sekitar 36 persen.

Dalam studi ini tidak begitu banyak dijumpai perbandingan tingkat kematian pada wanita. “Tidur siang dan gangguan pembuluh darah memiliki hubungan yang cukup berarti. Fenomana ini dijumpai pada negara yang mayoritas populasinya menjalani rutinitas tidur siang secara berkala, dan hasilnya tingkat kematian karena gangguan pembuluh darah sangat rendah,” papar pemimpin penelitian Dr Dimitrios Trichopoulos, dari Harvard School of Public Health.

Tetapi yang menjadi kendala bagi kebanyakan orang yang bekerja di kantor adalah bagaimana caranya mencari waktu untuk tidur siang ? Adakah cara memenuhi kebutuhan tidur siang tanpa harus meninggalkan tempat kerja ?

Bagaimanapun, hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi Anda yang pekerja keras, hal penting yang bisa dipelajari adalah bahwa tubuh mempunyai batasan dalam melaksanakan aktivitas, dan jika kita ingin sehat maka berikan waktu sejenak untuk tubuh beristirahat. Salah satu cara memberikan waktu tubuh untuk istirahat adalah tidur siang yang bisa membantu tubuh untuk rileks dan mengurangi tingkat stres. Mungkin juga tidur siang bisa diganti dengan metode lain, misalnya meditasi atau cara lainnya.

sumber : medis-update

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...