Saturday, April 12, 2014

5 Situs Bersejarah Ini Terancam Punah, Akibat Peperangan di Suriah

Di Suriah ada banyak peninggalan yang mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi, tempat-tempat tersebut menjadi saksi peradaban manusia mulai dari jaman pra Islam sampai masa kejayaan Islam. Saat ini terjadi peperangan antara tentara pemerintah dan pemberontak, dan akibatnya tempat-tempat bersejarah ini ikut mengalami kerusakan dan terancam punah jika peperangan terus berlangsung.

1. The Citadel of Salah Ed-Din

the-citadel-of-salah-ed-din

Ini salah satu tempat bersejarah yang akan punah akibat konflik panjang di Suriah yang masih terjadi hingga sekarang. Tempat ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2006. Kononya, The Citadel of Salah Ed-Din ini merupakan sebuah gedung yang terletak 7 km di sebelah timur Al-Haffah dan 30 km di sebelah timur Latakia, yang dijadikan sebagai Kastil Saone atau Saladin.

2. The Dead Cities

the-dead-cities

The Dead Cities ini juga merupakan tempat bersejaah yang akan punah akibat perang dinegara Suriah dengan adanya bentrok antara pasukan pro-pemerintah dan gerilyawan dari Tentara Pembebasan Suriah. Konon, tempat ini merupakan salah satu pemukiman yang terdiri dari 700 pemukiman di barat laut Suriah antara Aleppo dan Idlib. Kota ini dibangun pada abad ke-1 sampai abad ke-7, dan kemudian ditinggalkan antara abad ke-8 dan ke-10.

3. Kota Kuno Bosra

kota-kuno-bosra

Salah satu tempat bersejarah yang akan punah akibat perang ini terletak di negara Suariah tepatnya di kota Busra. Busra ini menjadi kota kuno yang akan punah akibat karena adanya konflik panjang yang terjadi di Suriah. Padahal sebelumnya, kota kuno Busra ini menjadi salah satu tempat paling penting selama era Islam dengan para muslim Sunni nya. Namun secara bertahap menjadi kurang menonjol selama era Ottoman. Kini, Bosra menjadi sebuah situs arkeologi yang disebut sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO yang memiliki populasi 19.683 jiwa pada sensus 2004.

4. Kota Kuno Allepo

kota-kuno-aleppo

Terletak di kota Suriah terdapat suatu tempat bersejarah yang biasa dijuluki dengan nama Kota Kuno Allepo. Kota Kuno Allepo ini memiliki luas 350 hektar yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 120.000 penduduk. Dinobatkan dari sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1986, Kota Kuno ini terancam punah akibat pro-pemerintah dan gerilyawan dari Tentara Pembebasan Suriah yang membuat Kota Kuno Allepo ini hancur, dibakar, bahkan sudah rusak.

5. Kota Kuno Damaskus

kota-kuno-damaskus

Tempat bersejarah yang akan punah terakhir yakni terletak disalah satu ibukota dan kota terbesar kedua di Suriah, setelah Aleppo yang disebut dengan Kota Kuno Damaskus. Kota Kuno ini menjadi pusat budaya dan agama dari Levant yang memiliki populasi sekitar 1.711.000 jiwa pada sensus 2009 dan dihuni 2,6 juta orang pada sensus 2004. Namun, akibat perang pro-pemerintah Suriah membuat kota ini hancur dan terancam punah.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...