Tuesday, June 19, 2012

China Hanya Butuh 90 Hari Membangun Gedung Setinggi 838 Meter…

Cina Cuma Butuh 90 Hari untuk Bangun Gedung Tertinggi

China mempunyai ambisi untuk menjadi negara besar menyaingi Amerika Serikat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menunjukkan keunggulan teknologi bangsa China dengan membangun gedung tertinggi didunia. Gedung tertinggi di China ini akan melebihi tinggi Burj Khalifa dan yang lebih luar biasa lagi gedung tertinggi di dunia tersebut akan dibangun hanya dalam waktu 90 hari….benar-benar ambisi yangluar biasa…..

Pihak perusahaan kontraktor Broad Sustainable Building (BSB) menyatakan, gedung bernama SkyCity One bakal dibangun setinggi 838 meter, di sebelah selatan Kota Changsha.

Menurut pihak BSB, gedung itu nantinya akan mengalahkan gedung tertinggi di dunia saat ini, yakni Burj Khalifa Dubai setinggi 828 meter.

Dilaporkan Xinhua, Senin (18/6/2012), SkyCity One diklaim akan lebih tinggi 10 meter ketimbang Burj Khalifa.

Lebih hebatnya lagi, selain waktu pembuatan yang sangat cepat, biaya pembangunan gedung ini ternyata lebih murah, hanya 400 juta Pound atau sekitar Rp 5,8 triliun.

Jumlah itu jauh lebih murah daripada biaya pembangunan Burj Khalifa yang mencapai 967 juta Pound.

Untuk pembuatan gedung yang akan memiliki 220 lantai dengan luas total 112.000 meter persegi, pihak pengembang akan mengerjakan berbagai material bangunan lebih dulu di tempat lain.

Kemudian, mereka akan merangkai bahan-bahan jadi tersebut di satu lokasi SkyCity One.

Ini merupakan kali kedua Cina menciptakan gedung pencakar langit dalam waktu singkat. Sebelumnya, Cina berhasil membangun gedung setinggi 30 meter hanya dalam waktu 30 hari.

Pencapaian itu jelas sebuah rekor. Bandingkan dengan pembangunan Empire State Building di New York, Amerika Serikat, yang butuh waktu 410 hari, dan Burj Khalifa yang rampung dalam waktu 1.931 hari.

(tribunnews)

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...