Saturday, June 16, 2012

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

tips menjaga kesehatan kulit dengan makanan Makanan mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit baik karena paparan sinar matahari atau polusi. Beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi agar kulit mempunyai vitalitas yang baik (sehat) dan terhindar dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari adalah sebagai berikut (Readers Digest) :
1. Jeruk

Jeruk banyak mengandung limonene (senyawa kimia ekstrak kulit jeruk). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Univerity of Arizona terhadap 470 laki-laki dan perempuan, terungkap bahwa senyawa kimia ini mampu memperkecil risiko kanker kulit sampai 34 persen. Limonene banyak terdapat pada kulit jeruk bagian dalam dan luarnya. Senyawa ini mampu melawan molekul senyawa yang tidak stabil akibat radiasi dan merusak tubuh (radikal bebas). Untuk mendapatkan manfaatnya, kulit jeruk bisa diolah menjadi kue atau dicampur dalam seduhan teh hangat.


2. Teh hijau


Teh hijau bermanfaat untuk kesehatan kulit berkat kandungan antioksidannya yang disebut Epigallocatechin gallate atau EGCG. EGCG merupakan jenis senyawa yang umum yang terdapat pada daun teh, daun pisang, dan beberapa tanaman lainnya. Zat ini hanya ditemukan pada teh hijau, tidak pada teh hitam. Menurut penelitian dari University of Wisconsin, EGCG ini mampu menghentikan kerusakan genetik di kulit manusia akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Selain itu, zat ini juga berguna untuk memghambat pertumbuhan sel kanker kulit.


3. Wortel, paprika merah


Wortel atau aneka sayur dan buah yang berwarna merah, kuning, dan oranye mengandung karotenoid (zat yang memberi warna merah alami pada sayur dan buah) yang diketahui mampu mengurangi risiko kulit terbakar sinar matahari. Kandungan beta karotennya berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat proses penuaan dini. Selain itu, zat ini juga mampu mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker pada kulit.

4. Bayam


Sayur yang memiliki daun yang berwarna hijau gelap seperti bayam, selada, dan lain-lain, ternyata mengandung banyak zat antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam bayam, lutein dan zeaxanthin, mampu menghambat pertumbuhan sel-sel perusak yang pertumbuhannya dirangsang oleh sinar UV dalam jaringan kulit.


5. Salmon


Salmon merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 terbukti berkhasiat untuk melawan perubahan DNA sel-sel kulit yang akan berubah menjadi sel kanker. Selain itu, minyak pada ikan membantu mengurangi masalah kulit terbakar.

6. Kenari


Sama seperti salmon, kenari mengandung banyak asam lemak esensial omega-3 yang membantu mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu, kenari juga mengandung asam elagik dan antioksidan lain yang mampu melindungi sel dari radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker dengan cara memperkuat sistem kekebalan.

sumber

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...