Sunday, June 17, 2012

Kacamata Unik Untuk Menurunkan Berat Badan

Peneliti dari Universitas Tokyo memperkenalkan kacamata ilusi untuk membantu orang-orang yang ingin diet namun memiliki tekad yang lemah.

Kacamata ini dapat menipu pemakainya sehingga berpikir bahwa kudapan biasa di tangannya adalah kue cokelat atau membuat biskuit terlihat lebih besar, sehingga si pengguna merasa puas dengan makanan yang ukurannya lebih kecil atau tampilannya tidak menarik.

Para peneliti telah mengembangkan alat yang dibuat dari sihir komputer untuk memperlihatkan realita yang direkayasa. Kamera dipasang di kacamata itu, yang berfungsi memperbesar gambar 
asli untuk mengecoh pemakainya, demikian seperti dilansir laman 
Japantoday.

Dalam beberapa uji coba, para relawan mengonsumsi 10 persen lebih sedikit saat biskuit yang mereka makan terlihat lebih besar 50 persen. Dan, mereka makan 15 persen lebih banyak saat kue dimanipulasi sehingga terlihat dua pertiga dari ukuran asli.

Profesor Michitaka Hirose dari Pascasarjana Teknik Informatika dan Teknologi mengatakan dia tertarik pada cara komputer mengecoh pikiran manusia.

"Cara-cara mengecoh berbagai indera dengan komputer sangat penting dalam studi realitas visual," katanya.

Di proyek lain, tim Hirose mengembangkan "meta cookie", yaitu tutup kepala yang menggunakan botol beraroma dan tipuan mata untuk mengelabui pemakainya. 

Si pengguna dapat mengatur alat ini untuk menghasilkan efek rasa tertentu, yakni mereka bisa makan 'kue cokelat' atau 'kue rasa stroberi' walaupun sebenarnya mereka hanya makan biskuit biasa.

Hirose menyatakan sejauh ini 80 persen subjek eksperimen telah berhasil 'tertipu'.

Namun, tim ini belum berencana mengomersilkan temuan mereka. Mereka masih ingin meneliti lebih lanjut apakah orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dapat menggunakan alat ini. 

antara

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...